10 Peralatan yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

IlmuKepala.com – Saat mau Travel naik Gunung kita perlu siapkan peralatan-peralatan pendukung agar selalu enjoy saat menikmati liburan

Ini dia 10 Peralatan yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung :

  1. Pakaian Lapangan

Pakaian lapangan ini dipakai saat petualang muda sedang mendaki gunung. Seperti kemeja, dan celana lapangan. Bisa lengan panjang atau lengan pendek, tergantung kebutuhan. Selain itu sepatu trekking sebagai alas kaki petualang muda dan juga topi/buff yang dapat digunakan saat cuaca sedang terik-teriknya. 

2. Barang-barang Pribadi yang Lengkap untuk Pendakian Gunung

Barang-barang pribadi ini sangat penting untuk menunjang petualang muda saat mendaki gunung. Diantaranya adalah matras sebagai alas tidur, sleeping bag untuk kantung tidur, pakaian ganti yang kering (ini penting banget loh!), pakaian tidur, Selain itu petualang muda juga dapat menambahkan barang-barang pribadi petualang muda selain yang sudah disebutkan diatas. Tapi ingat, jangan sampai barang-barang pribadimu merepotkanmu saat mendaki nanti yaa

3. Alat Navigasi

Alat navigasi ini seperti peta dan kompas. Alat-alat ini diperlukan agar apabila petualang muda tersesat, petualang muda dapat mengetahui keberadaan petualang muda sehingga dapat keluar dari tempat tersebut.

4. Jas Hujan

Jas hujan menjadi salah satu barang yg penting dibawa saat pendakian. Apabila cuaca turun hujan, raincoat sangat membantu agar pakaian yang sedang dipakai tidak basah sehingga kita tetap dapat mendaki dengan nyaman.

5. Alat Penerangan

Jangan sampai lupa membawa alat penerangan! Dapat berupa Headlamp atau senter yang sering digunakan. Alat ini sangat penting apabila hari mulai malam, pandangan mulai gelap sehingga petualang muda sangat butuh alat penerangan ini

6. Perlengkapan Camp

Perlengkapan camp seperti tenda atau flysheet jangan sampai lupa dibawa. Apabila pendakian petualang muda hanya sehari (pulang-pergi) sebaiknya petualang muda tetap membawa salah satu dari alat camp (contohnya membawa flysheet). Karena kita tidak akan tahu kondisi nanti saat mendaki. Jadi sebaiknya kita berjaga-jaga untuk kondisi yang minim nantinya.

7. Minuman dan makanan

Petualang muda butuh energy untuk mendaki gunung, dan di gunung tidak ada warun atau toko yang berjualan. Pastikan logistic makanan dan minuman petualang muda cukup untuk kegiatan petualang muda dari awal mendaki hingga selesai pendakian ya! 

8. First Aid Kit dan Obat-Obatan Pribadi

Firs Aid Kit atau biasa dikenal dengan P3K adalah barang yang wajib dibawa. Jika petualang muda memiliki riwayat penyakit, jangan sampai lupa untuk membawa obat-obatan petualang muda. 

9. Pisau lipat dan alat multi-tool

Alat ini akan memudahkan petualang muda menyelesaikan beberapa masalah yang tidak akan diduga 

10. Korek api atau pemantik api

Saat keadaan darurat, petualang muda membutuhkan alat ini untuk menjaga petualang muda tetap hangat sampai bantuan datang. 

Perlengkapan diatas adalah barang-barang minimal yang harus kita bawa untuk pendakian. Apabila petualang muda ingin membawa barang lebih, dipersilahkan, namun jangan sampai barang-barang petualang muda membuat petualang muda repot saat mendaki yaa! Yang terpenting adalah bawa barang-barang petualang muda sesuai kebutuhan dan pastikan barang-barang tersebut tidak merepotkan petualang muda agar petualang muda aman dan nyaman saat mendaki.
Selamat mendaki gunung teman-teman!
Azka L. Saffanah
 
Sumber : kumparan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *