30 Tempat Wisata di Hong Kong Yang Wajib Dikunjungi Part 2

11.  Lan Kwai Fong

Bagi Anda kaum muda yang gemar pesta, Lan Kwai Fong tidak boleh dilewatkan. Lan Kwai Fong merupakan jalanan berbentuk huruf L yang terkenal sebagai lokasi berkumpulnya para ekspatriat di Hong Kong. Di tempat ini, Anda akan menjumpai deretan bar, klub, kafe, dan berbagai jenis tempat hiburan lainnya. 

Akses transportasi ke tempat ini tidak terlalu sulit, terutama karena Lan Kwai Fong berada di Distrik Central. Beberapa jenis transportasi yang bisa Anda gunakan untuk mencapai tempat wisata ini antara lain adalah MTR dan bus umum. Bahkan tersedia pula layanan transportasi yang menghubungkan tempat ini dengan bandara.

12. Repulse Bay

Repulse Bay menjadi pilihan tempat wisata berikutnya yang menyajikan pemandangan alam menakjubkan di wilayah Hong Kong bagian selatan. Pantai yang satu ini dikenal sebagai area hunian eksklusif dengan harga tanah mencapai jutaan ribu dolar per meter persegi. Pemandangan laut biru dengan hamparan pasir putih memberikan menyajikan kenyamanan sekaligus ketenangan. 

Anda bisa menikmati pemandangan di Repulse Bay kapan saja. Di siang hari, suasananya cukup hangat, dengan suhu mencapai 26 derajat Celcius. Sementara itu, di malam hari pemandangan Repulse Bay tidak kalah indahnya. Anda akan bisa menyaksikan pemandangan cantik pantulan cahaya lampu kota di permukaan laut. 

Akses ke tempat ini juga tidak terlalu sulit. Ada beragam pilihan bus umum yang bisa digunakan. Mulai dari bus 6, 6X, 6A, 260, hingga bus 66 yang bisa Anda jumpai di terminal bus Exchange Square. Para sopir bus pun biasanya mengerti niatan para wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai ini.

13. Kowloon Walled City Park

Tempat wisata berikutnya adalah Kowloon Walled City Park, yang merupakan sebuah taman bersejarah di Hong Kong. Kawasan ini dulunya dikenal sebagai rumah para gembong penjahat. Namun, hal tersebut kemudian berakhir pada tahun 1987. 

Pada tahun 1980an, Pemerintah Hong Kong menghancurkan Kowloon Walled City. Meski begitu, ada beberapa bangunan yang dipertahankan dan kini menjadi bagian dari Kowloon Walled City Park. 

Kowloon Walled City Park ini didesain dengan suasana ala Dinasti Qing dan terbagi menjadi delapan area. Masing-masing area pun memiliki keunikannya tersendiri. Di antaranya adalah Yamen yang menjadi satu-satunya bangunan tua ala Dinasti Qing yang masih bertahan. Ada juga Old South Gate yang merupakan peninggalan Kowloon Walled City, dan Chess Garden dengan empat papan catur raksasa.

14. Jumbo Kingdom

Berlokasi di kawasan Aberdeen, Hong Kong, Jumbo Kingdom adalah sebuah tempat wisata kuliner yang menarik. Di sini, Anda akan menemukan Jumbo Floating Restaurant dan Tai Pak Floating Restaurant. Selain dapat menikmati sajian kuliner yang enak, sensasi makan di tempat ini juga berbeda, karena dilakukan di atas sebuah kapal besar. 

Jumbo Kingdom dikenal sebagai tempat wisata yang populer di Hong Kong. Tercatat lebih dari 30 juta pengunjung telah mendatangi tempat ini. Termasuk di antaranya adalah para pesohor dunia seperti Ratu Elizabeth II, Tom Cruise, Chow Yun Fat, Stephen Chow, dan David Bowie. 

Untuk ke tempat ini, Anda terlebih dulu harus berangkat menuju Aberdeen Promenade atau Pelabuhan Sham Wan. Di kedua tempat tersebut, tersedia layanan perahu pengantar gratis yang akan membawa Anda ke Jumbo Kingdom.

15. Ladies Market

Berlokasi di kawasan Mong Kok yang dikenal sebagai lingkungan paling padat sedunia, Ladies Market menjadi tempat wisata wajib yang harus dikunjungi di Hong Kong. Sesuai dengan namanya, Ladies Market ini merupakan pasar pinggir jalan yang menjual berbagai barang kebutuhan wanita. Biasanya barang-barang di sini dijual dengan harga murah. 

Selain Ladies Market, ada pula pasar pinggir jalan lain yang menarik dikunjungi saat di Mong Kok. Di antaranya adalah Flower Market yang bakal ramai pengunjung setiap perayaan Tahun Baru Imlek ataupun Temple Street Night Market yang menjadi pasar malam populer lainnya di Hong Kong. Selain berbelanja, Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan pinggir jalan di Temple Street Night Market.

Anda juga tidak perlu repot kalau ingin ke tempat ini. Anda bisa naik MTR dari beberapa titik pemberhentian. Di antaranya adalah Mong Kok Station, Mong Kok East Station, dan Yau Ma Tei Station. Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan beragam bus umum untuk ke sini.

16.  Disneyland Hong Kong

Liburan bersama keluarga, Anda tidak boleh melewatkan kunjungan ke Disneyland Hong Kong. Tempat wisata di Hong Kong yang satu ini dikenal sebagai salah satu taman hiburan terpopuler di dunia. Pada tahun 2013, tercatat sebanyak 7,4 juta pengunjung telah datang ke tempat ini. Dengan luas mencapai 27,5 hektare, Disneyland Hong Kong bisa menampung sebanyak 7,92 hingga 8,92 juta pengunjung per tahun. 

Beragam wahana permainan pun bisa dijumpai di tempat ini. Mulai dari Toy Story Land, Adventureland, Main Street, U.S.A., dan lain-lain. Pihak Disneyland Hong Kong juga berencana untuk melakukan penambahan area bermain. Di antaranya adalah Frozen Land yang diambil dari tema film Frozen, serta Marvel Area yang menjadi tempat bagi para pengunjung untuk merasakan keseruan ala film Iron Man. 

Akses transportasi ke tempat wisata ini cukup mudah. Cara paling mudah adalah dengan naik MTR via Disneyland Resort Line. Di jalur ini, Anda bisa naik gerbong MTR yang berjalan secara otomatis tanpa masinis. Anda juga bisa menggunakan bus umum yang melayani perjalanan ke Disneyland Hong Kong. 

Untuk masuk ke Disneyland, Anda perlu membayar HK$589 untuk orang dewasa, HK$419 untuk anak-anak, dan HK$100 untuk lansia.

17. Ten Thousand Buddhas Monastery 

Ten Thousand Buddhas Monastery menjadi tempat wisata di Hong Kong berikutnya yang wajib Anda kunjungi. Tempat wisata ini berlokasi di Pai Tau Village, Sha Tin. Di tempat ini, Anda akan menemukan kompleks kuil Buddha yang memiliki sebanyak 12.800 patung Buddha dalam berbagai postur. 

Di kompleks tempat wisata ini, Anda akan menemukan sebanyak lima kuil, empat paviliun, serta satu pagoda. Untuk menuju area puncak Then Thousand Buddhas Monastery, Anda harus menaiki sebanyak 430 anak tangga. Nah, sesampainya di puncak, Anda berkesempatan menuju lantai tertinggi pagoda. 

Anda bisa ke lokasi Ten Thousand Buddhas Monastery dengan naik MTR East Railine menuju stasiun Sha Tin. Kalau ditempuh dari Tsim Sha Tsui, perjalanan hanya butuh waktu selama 9 menit dengan tiket seharga HK$9. Dari stasiun, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik taksi ke lokasi kuil. 

Sesampainya di kuil, Anda tidak perlu khawatir dengan tiket masuk. Setiap pengunjung bebas datang ke tempat ini sesuka hati, alias gratis. Kuil ini buka setiap hari, mulai dari pukul 9.00 hingga 17.00.

18.  Ocean Park Hong Kong

Selain Disneyland, Anda juga bisa menghabiskan waktu liburan keluarga di Ocean Park Hong Kong. Tempat wisata yang satu ini telah hadir di Hong Kong sejak tahun 1977. Namun, saat ini popularitasnya sudah memudar, kalah dibandingkan dengan Disneyland Hong Kong. Meski begitu, taman hiburan yang berlokasi di Southern District ini masih tetap menarik untuk dikunjungi. 

Di tempat ini, Anda bisa menikmati berbagai jenis wahana permainan. Termasuk di antaranya adalah The Dragon yang dikenal sebagai roller coaster terbesar yang ada di Hong Kong, dengan panjang jalur mencapai 842 meter. Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk melihat atraksi berbagai jenis mamalia laut di tempat ini. 

Akses transportasi juga mudah. Anda bisa menggunakan layanan MTR South Island Line dan turun di Ocean Park Station. Pilihan lainnya, Anda bisa pula menggunakan Citybus Ocean Park Express yang berangkat dari Central Star Ferry Pier menuju Ocean Park. Terakhir, Anda bisa pula menggunakan kendaraan pribadi atau taksi. 

Untuk masuk dan menikmati berbagai wahana hiburan di sini, Anda diharuskan untuk membayar tiket sebesar HK$385 untuk dewasa dan HK$193 untuk anak-anak. Di hari-hari biasa, Senin-Jumat, tempat ini buka mulai pukul 10.00 hingga 18.00. Sementara di akhir pekan dan hari libur, Ocean Park bisa dikunjungi mulai pukul 10.00 hingga 19.00.

19. Patung Tian Tan Buddha

7>彳

Tempat wisata terpopuler berikutnya di Hong Kong adalah Tian Tan Buddha atau yang juga dikenal dengan nama Patung Buddha Besar. Patung raksasa yang terbuat dari perunggu ini tingginya mencapai 34 meter dan bobotnya mencapai 250 ton. 

Patung ini berada di area perbukitan di Ngong Ping, Lantau. Para pengunjung terlebih dulu harus menaiki 268 anak tangga untuk bisa melihat patung raksasa ini lebih dekat. Sesampainya di puncak bukit, Anda juga akan mendapati enam patung perunggu lain yang berukuran kecil di sekitar Patung Buddha Besar—disebut The Offering of Six Devas. 

Anda tidak akan dikenakan tarif masuk saat berkunjung ke Tian Tan Buddha. Namun, wisatawan yang ingin memasuki ruangan yang ada di bawah patung akan dikenakan tiket masuk seharga HK$60. 

Selagi berkunjung ke Patung Tian Tan Buddha, Anda juga berkesempatan mendatangi dua tempat wisata lainnya yang tidak kalah populer. Dua tempat tersebut adalah Po Lin Monastery yang lokasinya masih satu kompleks dengan Patung Tian Tan Buddha, dan Ngong Ping 360 yang berjarak kurang lebih 400 meter.

20.  Po Lin Monastery

 

Masih berada di area Ngong Ping, Anda juga bisa menyaksikan Po Lin Monastery, sebuah kompleks kuil yang dibangun pada tahun 1906. Konon, Po Lin Monastery ini merupakan salah satu kuil Buddha tertua yang ada di seantero Hong Kong. Di sini, terdapat tiga patung Buddha yang menjadi ciri khas Po Lin Monastery. Tiga patung tersebut merepresentasikan kehidupan Buddha di masa lalu, masa kini, dan masa depan. 

Selain itu, Anda juga akan menemukan pintu gerbang Po Lin Monastery yang berdiri dengan megah. Sebagai tambahan, ada pula sebuah bangunan baru yang disebut The Grand Hall of Ten Thousand Buddha, yang berdiri di atas tanah seluas 6.000 meter persegi. Di tempat ini, Adan akan mendapati 10 ribu patung Buddha dan benda-benda bersejarah lainnya.

Transportasi menuju Po Lin Monastery dan Patung Tian Tan Buddha bisa dilakukan dengan berbagai cara. Pertama, Anda bisa naik gondola Ngong Ping 360. Pilihan lainnya, Anda bisa naik MTR dan turun di Tung Chung Station lalu melanjutkan perjalanan dengan naik New Lantau Bus dari Tung Chung Town Centre. Terakhir, Anda bisa pula naik feri dari Central Pier menuju Mui Wo, dilanjutkan naik New Lantau Bus menuju Ngong Ping. 

Lanjut Part terakhir di part III

sumber : www.traveloka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *