4 Latihan Fisik Persiapan Melahirkan Normal

Menghadapi proses melahirkan normal, butuh persiapan fisik. Melahirkan secara normal membutuhkan stamina dan mental yang kuat karena cukup menguras tenaga. Persiapan melahirkan normal agar fisik Ibu kuat bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut beberapa latihan fisik yang bisa Ibu lakukan untuk persiapan melahirkan normal.

1. Latihan Pernapasan

Saat melahirkan normal, hal yang paling penting dilakukan adalah mengatur nafas dengan baik. Jadi bila ingin proses melahirkan berjalan dengan lancar, segera lakukan latihan pernapasan sesering mungkin. Mulai dari atur pernapasan saat sedang berbaring, atau berdiri dan divariasikan dengan gerakan tangan atau kaki. Lakukan setiap hari agar Ibu siap menjalani persalinan.

2. Perkuat Otot Panggul dan Paha

Persiapan melahirkan normal lainnya adalah memperkuat otot panggul dan paha, dua otot yang digunakan saat bersalin. Caranya bisa dengan berjongkok, lalu gerakkan lutut dan paha perlahan. Hal ini juga bisa membantu posisi bayi berada tepat di jalur jalan lahir. Lakukan di pagi hari selama setiap hari selama 5-10 menit.

3. Latihan Kegel

Latihan kegel atau melatih otot-otot area kewanitaan juga penting dilakukan sebelum melahirkan. Latihan kegel membantu melatih otot agar siap menjalani persalinan, sekaligus juga mencegah wasir dan pembekuan darah atau terjadinya robekan. Latihan kegel membantu Ibu mengontrol otot-otot daerah kewanitaan, apalagi bisa dilakukan dimana saja. Caranya, saat sedang duduk tarik otot area otot kewanitaan, tahan selama beberapa detik lalu lepaskan. Ulangi beberapa kali sehari untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Senam Punggung dan Kaki

Tak hanya panggul saja yang perlu diperkuat sebelum melahirkan, tapi juga punggung dan kaki. Saat menjelang persalinan, otot punggung Ibu biasanya akan nyeri karena menahan beban. Lakukan latihan punggung dan panggul, yaitu tempatkan tubuh dalam posisi merangkak, bertumpu pada siku dan lutut. Kemudian tarik otot bokong dan lepaskan. Ulangi 10 kali setiap hari.

Selanjutnya, lakukan latihan untuk memperkuat otot-otot kaki dan paha. Duduk bersila, lalu gerakkan lutut naik turun. Lakukan setiap hari agar semakin siap menuju persalinan.

Latihan-latihan ini bisa dilakukan sejak usia kehamilan sudah 30 minggu. Persiapan melahirkan normal perlu dilakukan secara rutin dan teratur agar persalinan lancar tanpa hambatan.

sumber : www.sahabatnestle.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *