Apa Itu Facebook Pixel dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Apa itu Facebook Pixel? Facebook Pixel adalah sebuah kode berupa javascript yang nantinya akan diletakkan pada halaman website kita yang bertujuan untuk merekam data pengunjung yang datang. Pada dasarnya Facebook Pixel bisa dikatakan hampir sama cara kerjanya seperti tracker online semisal Histats, Google Analytics dan lainnya, namun berbeda dari tracker online yang disebutkan tadi, Facebook Pixel bisa digunakan untuk membuat Website Custom Audience, atau membantu retargeting iklan Facebook kita.

Sebuah website yang memiliki ribuan pengunjung setiap harinya apabila tidak dipasang Facebook Pixel di dalamnya, maka setiap pengunjung yang datang, kita hanya menyia-nyiakan mereka datang dan pergi saja tanpa kita mendapatkan sesuatu.

Berbeda cerita apabila kita memasang Facebook Pixel di dalam website kita, pengunjung yang datang nantinya akan terekam dengan jelas di Pixel yang kita pasang di website kita. Ibaratkan seperti mesin pelacak, setiap pengunjung yang datang ke website kita, mereka akan dipasang sebuah pelacak yang nantinya bisa kita gunakan untuk retargeting iklan Facebook kita.

Pengunjung yang datang pun akan terekam dengan jelas di Facebook Pixel, walau pengunjung tersebut datang dari trafik organik. Lalu, apakah Facebook Pixel hanya bisa dipasang pada website saja?

Untuk lebih optimal, umumnya Facebook Pixel dipasang di website, atau apabila kita memiliki platform toko online seperti Shopify, maka mereka sudah menyediakan opsi untuk memasang Pixel di toko online kita yang menggunakan Shopify. Jadi apabila kita mempunyai sebuah website, maka berhentilah menyia-nyiakan setiap kunjungan yang masuk, segera pasang Facebook Pixel di website kita sekarang juga.

Retargeting Menggunakan Facebook Pixel

Melakukan retargeting dalam beriklan di Facebook sangatlah menguntungkan, karena kita bisa menawarkan produk yang kita jual kepada orang yang sebelumnya tertarik dengan produk kita atau mereka pernah melihat produk kita, sehingga tingkatan terjadinya konversi pada setiap promosi yang dilakukan sangatlah tinggi.

Tanpa menggunakan Facebook Pixel, tentu saja kita tidak bisa melakukan retargeting, karena kita tidak tahu siapa saja yang datang ke website kita. Oleh karena itu apabila belum memasang Facebook Pixel di dalam website, coba sekarang pasang. Untuk cara memasang Facebook Pixel di website akan kita bahas, mari lanjutkan membacanya.

Dalam retargeting di Facebook Ads, kita bisa menggunakan Audience berjenis Website Custom Audience yang sebelumnya telah terekam di FB Pixel kita. Selain itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan FB Pixel di website kita, seperti:

  • Mengetahui halaman atau URL mana saja yang di datangi para pengunjung kita, sehingga nantinya kita bisa retargeting mereka berdasarkan halaman atau URL yang mereka kunjungi.
  • Memisahkan Audience berdasarkan halaman atau URL yang mereka kunjungi, sehingga iklan kita bisa tampil pada orang-orang tertentu saja, bisa menggunakan Include dan Exclude Audience. Hal tersebut bertujuan untuk memisahkan Audience agar tidak bertindihan, agar iklan kita bisa terjual kepada orang yang sudah membeli atau yang belum membeli.
  • Dan, masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh FB Pixel.

 

banner free member

BIla ingin mempelajari lebih lanjut, anda bisa mencoba Free Member di komunitas SB1M dengan klik gambar diatas ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *