Aphelion Dikaitkan Dengan Suhu Indonesia Menjadi Lebih Dingin

Beberapa wilayah di Indonesia merasakan suhu yang lebih dingin belakangan ini. Muncul informasi bahwa ini adalah akibat dari Aphelion tapi sudah dibantah oleh LAPAN bahwa suhu indonesia menjadi lebih dingin belakangan ini tidak ada kaitannya dengan aphelion.

Tapi malah jadi pertanyaan sekarang, apa itu aphelion?

Sebagaimana kita ketahui, rotasi bumi terhadap matahari tidaklah bulat, melainkan lonjong atau elips. Dengan kondisi ini maka terciptalah kondisi dimana posisi bumi menjadi menjauhi matahari, nah posisi terjauh bumi terhadap matahari inilah yang disebut sebagai fenomena aphelion. Kebalikannya adalah perihelion yaitu posisi dimana bumi paling dekat dengan matahari saat berotasi.

Fenomena Aphelion yang terbaru terjadi adalah pada 6 July 2018 pada jam 23:48 WIB, saat itu indonesia tentu saja tidak bakal bisa menyaksikan fenomena ini. Secara teori matahari akan terlihat kecil, tapi tentu saja tidak bisa kita rasakan karena perubahannya  sekilas hanya 3 persen.

Nah itulah penjelasan tentang aphelion, trus apa dong penyebab suhu beberapa wilayah indonesia terasa lebih dingin. Ternyata penyebabnya adalah angin dari Australia yang sedang musim dingin bertiup kearah Indonesia.

Baca Juga : Museum Digital Art Yang Keren di Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *