Bahaya Microsleep saat Menyetir dan Tips untuk Mengatasinya

 

Bahaya Microsleep saat Menyetir dan Tips untuk MengatasinyaMicrosleep adalah dampak dari kurangnya waktu tidur sehingga otak merasa kelelahan sedangkan kita masih ingin tetap terjaga. Kemudian tiba2 kita tertidur dan bangun kembali dengan perasaan sedikit kaget dalam beberapa jangka waktu beberapa detik dan bisa berulang-ulang.

Durasi microsleep adalah sekitar 1 detik hingga 2 menit. Hal ini sering terjadi saat kita sering melakukan hal yang sama dalam jangka waktu lama seperti menyetir dan hal ini tentunya sangat berbahaya.

Kondisi microsleep saat menyetir bisa menyebabkan kecelakaan. Meskipun kita tertidur 1 detik saja meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan. Bisa saja saat kita tertidur itu mobil depan kita sedang melakukan rem, sedangkan kita tidak sadar dan masih tetap melaju sehingga mengakibatkan tabrakan. Lebih berbahaya lagi bila terjadi microsleep saat belokan, bisa-bisa malah tabrak pohon atau pembatas atau bahkan manusia.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan microsleep :

  1. Kurang Tidur – Tidur kurang dari 6 jam umumnya mengakibatkan rasa ngantuk yang bisa menyebabkan microsleep, normalnya manusia tidur 8 jam.
  2. Insomnia – Penyakit tidak bisa tidur ini bisa menurunkan kinerja otak .
  3. Lembur – Kerja hingga melewati batas waktu istirahat juga bisa menyebabkan microsleep karena terjadi pergeseran waktu istirahat.
  4. Efek Obat – Beberapa obat memberikan efek ngantuk sehingga di beberapa bungkus obat memberikan peringatan bahaya ini.

Nah itulah beberapa penyebabnya dengan begitu kita bisa mengetahui cara untuk menghindari bahaya microsleep saat menyetir :

  1. Usahakan tidur yang cukup, tidak kurang dari 6 jam per hari.
  2. Saat berkendara jauh, beristirahatlah setiap 1-2 jam sekali dengan tidur sejenak.
  3. Minum kopi.
  4. Usahakan ada aktifitas lain untuk menjaga kesadaran anda, misalnya ngobrol.
  5. Ajaklah seseorang yang bisa menggantikan anda saat sedang mengantuk dengan begitu bahaya microsleep terhindarkan.

Nah sekian artikel Bahaya Microsleep saat Menyetir dan Tips untuk Mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk anda.

Baca Juga : Info Mudik 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *