Apa Yang Terjadi Bila Pintu Pesawat Dibuka Saat Sedang Terbang di Udara

Apa Yang Terjadi Bila Pintu Pesawat Dibuka Saat Sedang Terbang di Udara

Apa Yang Terjadi Bila Pintu Pesawat Dibuka Saat Sedang Terbang di Udara. Hal ini jarang terpikirkan oleh orang-orang pada umumnya.

Mungkin yang terpikirkan adalah semua penumpang akan tersedot keluar, kabin membeku atau bahkan pesawatnya meledak.

Akan tetapi, secara fisika hal tersebut sulit untuk dilakukan. Ketika di udara, terjadi perbedaan tekanan antara bagian luar dan bagian dalam pesawat sehingga menciptakan kondisi dimana pintu darurat akan sulit untuk dibuka.

Pada ketinggian jelajah, ada sekitar 8 Pound terkanan  pada setiap inch persegi pada interior pesawat. Untuk bisa membuka pintu darurat mungkin perlu dongkrak hidrolik. Beda dengan pesawat penerjun payung, mereka sudah menurunkan tekanan dalam pesawat sehingga pintunya bisa terbuka.

Namun Hal-hal yang mengakibatkan pintu darurat terbuka saat terbang di udara tetap ada, misalnya pada tahun 1988 pernah terjadi pesawat mengalami ledakan pada bagian atap sehingga pramugari tersedot keluar, namu pilot dengan  menurunkan ketinggian dan mendarat dalam 13 menit untuk mencegah bertambahnya korban jiwa.

Jadi, membuka pintu darurat pesawat di udara dengan cara normal adalah tidak mungkin, akan tetapi bila ada yang iseng mengutak atiknya akan berbeda lagi kondisinya. Karena itu di mencoba membuka pintu darurat diluar kondisi darurat akan ada hukumannya, bisa denda atau bahkan dipenjara.

 

Mau tau tempat wisata wajib di Hongkong? <— intip disini yuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *