Inovatif, Mahasiswa Jerman Rancang ‘Airbag’ untuk Lindungi Smartphone

Inovatif, Mahasiswa Jerman Rancang Airbag untuk Lindungi Smartphone

Pengguna Smartphone rata-rata hanya melindungi layarnya saja dengan antigores. Pelindung untuk body menggunakan casing kebanyakan hanya untuk mempercantik tampilan luar saja, jarang ada yang memperhatikan sisi keamanan ketika smartphone jatuh.

Untuk mengatasi hal tersebut, diciptakanlah sebuah casing untuk smartphone yang berfungsi seperti airbag pada mobil yang bisa disebut sebagai airbag smartphone.

Teknologi yang diciptakan oleh seorang mahasiswa engineering di Aalen University Jerman yang bernama Philip Frenzel ini mampu melindungi smartphone dari benturan saat jatuh dari ketinggian

Frenzel memikirkan rancangan ini karena sudah lebih dari satu smartphone miliknya yang jatuh sehingga rusak sehingga terciptalah airbag smartphone ini

Casing yang disebut seperti airbag mobil ini bukanlah beneran mengeluarkan balon seperti di mobil, melainkan dengan mengeluarkan “lengan” tersembunyi yang terdapat pada empat sudut smartphone.

Keempat Lengan tersebut akan otomatis keluar saat sensor kecil dalam casing tersebut mendeteksi status smartphone sedang jatuh dan saat lengan tersebut menyentuk lantai, akan memantul sehingga smartphone aman.

Dengan design ini, Frenzel mendapatkan penghargaan di bidang mekatronik dari German Society for Mechatronics. Dan perlu diketahui, Frenzel merancang casing ini untuk sebagai tugas akhir tesisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *