Manfaat Rutin Donor Darah Bagi Kesehatan

Tahukah kamu tgl 14 Juni adalah Hari Donor Darah Sedunia. Dengan mendonorkan darah kita, otomatis akan menyelamatkan orang yang membutuhkan.

Setelah diuji kesehatan kita, darah kita akan diambil kira2 480ml, setelah itu akan diuji lagi sebelum diberikan kepada pasien yang membutuhkan.

Mendonorkan darah tentunya ada sedikit rasa sakit, karena tangan kita akan ditusuk jarum untuk diambil darahnya. Tapi sakitnya itu tidaklah seberapa dibanding manfaatnya loh.

Inilah beberapa manfaatnya :

1. Mengurangi penyakit jantung

Manfaat donor darah yang pertama adalah membantu memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Satu penelitian menunjukkan bahwa rajin mendonorkan darah mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88%. Dan menurut seorang dokter, mendonorkan darah membuat kita jarang sakit dan terhindari dari kanker, stroke, dan serangan jantung. Rutin menjalankan donor darah membuat kadar zat besi dalam darah menjadi stabil. Kadar zat besi dalam darah yang tinggi dapat membuat kita rentan terkena penyakit jantung.

2. Membakar kalori

Setiap kali melakukan donor darah (500 ml), Anda akan membakar 650 kalori di dalam tubuh. University of California mengatakan bahwa seseorang yang rutin menyumbangkan darah akan kehilangan bobot tubuh sesuai yang diinginkan. Bila berat tubuh ideal, pastinya kulit Anda pun akan terlihat kencang seketika. Namun, jangan sesekali menjadikan donor darah sebagai program penurunan berat badan. Bagi Ladies yang ingin diet, boleh coba deh donor darah, jadi langsing, tubuh pun sehat 😀

3. Menurunkan risiko kanker

Selain membantu membakar kalori, mendonorkan darah pun dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Termasuk kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan kanker tenggorokan.

4. Meningkatkan produksi darah

Mendonorkan darah akan mengurangi jumlah sel darah merah yang ada dalam tubuh pendonor. Ini akan merangsang sumsum tulang belakang untuk menggantikannya dengan memproduksi sel-sel darah merah yang baru.

Sel-sel darah merah baru umumnya akan terbentuk dalam waktu beberapa minggu. Berarti rutin menyumbangkan darah akan memicu pembentukan darah baru yang segar. Proses ini akan sekaligus menyehatkan pendonor.


5. Pikiran lebih stabil

Apakah Anda tahu bahwa mendonorkan darah secara rutin dapat membantu Anda menjaga pikiran tetap stabil? Inilah faktanya. Dengan mendonorkan darah, akan membuat Anda merasa lebih bahagia dan damai. Bahagia karena dapat menolong sesama dan damai dengan tubuh sendiri.

6. Bagian dari periksa kesehatan

Mendonorkan darah juga dapat digunakan sebagai uji pemeriksaan kesehatan diri sendiri. Ketika darah yang Anda miliki berada di dalam kantong darah dan diperiksa di laboratorium, maka tim medis akan melihat apakah Anda menderita suatu penyakit tertentu atau tidak. Sebab jika Anda negatif dari segala jenis penyakit, maka darah yang Anda miliki dapat disumbangkan untuk mereka yang membutuhkan. Jika tidak, maka Anda akan diberitahu apa yang sebenarnya sedang terjadi.

7. Menjadi lansia yang sehat

Banyak orang tua yang memiliki kesehatan cukup baik dan prima di usianya yang telah lanjut tersebut. Ini sebabkan karena mereka senantiasa menyumbangkan darahnya sejak muda sampai mereka tua.

8. Menurunkan kolesterol

Manfaat kesehatan lain dari mendonorkan darah secara rutin adalah akan membantu Anda untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Nah.. banyak kan manfaatnya, jangan ragu untuk mendonorkan darah Anda ya 😀

 

Ingin pinggang sehat dan terhindar dari saraf kejepit? <– baca disini ya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *