Mengobati Syaraf Kejepit Tanpa Obat – Tanpa Dukun

Teman2.. sy hanya mau berbagi pengalaman sedikit kpd sebagai sesama pejuang HNP disini, semoga menjadi manfaat.. maafkan jika mengulang yg sama..

Setelah 2 thn.an menderita HNP L5 dan S1.. saya sudah mencoba berbagai therapy dan berbagai rekomendasi dari tukang urut A-Z, Obat ajaib A-Z, namun pada akhirnya saya memutuskan bahwa hal tersebut hanya bersifat temporer..

so apapun yg direkomen sama temen2 utk berobat kesini kesitu untuk skrg saya iya’in aja tp saya tidak mau jalanin.. karena udah cukup jauh “bertualang” dan tidak terlalu ada dampaknya utk kesembuhan sakit yg kita derita 🙂

Tanpa menyerah tentunya, saya tetap berjuang utk sembuh.. namun tidak melalui jalur cepat yg sia2, tapi hanya menyarankan teman2 utk tetap kembali ke dasar yaitu bbrp hal berikut yg saya temukan sangat membantu sebagai SOLUSI (khusus utk low back L5-S1 spt yg saya ya) :

1. Dimulai dgn pikiran… set pikiran positif dengan menanamkan bahwa “Saya pasti sembuh”
2. Berenang – Tidak masalah gaya bebas maupun gaya kodok — saya berenang tiap sore selama 1 jam
3. Strecthing (Peregangan) – bisa gunakan gerakan pull up ataupun gerakan gantung kebawah menggunakan invertion table (sangat bagus utk ini)
4. Hindari gerakan membungkuk (sy jelasin dibawah ntar)
5. Stel alarm di HP setiap jam bunyi untuk mengingatkan kita utk berdiri (khusus yg selalu duduk sepanjang hari)

Salah satu yg utama dan berdampak terhadap kesembuhan HNP yg saya rasakan adalah no 4… Selama ini sy tidak sadar dan malah berpikir TERBALIK…

Gerakan membungkuk ternyata SANGAT BERBAHAYA buat HNP di L5-S1 ini.. hal ini saya temukan saat pinggang, pantat, dan kaki saya kambuh dan sangat menderita sekali pada hari Imlek dimana saat keluarga saling mengunjungi saya malah terbaring kesakitan…

Akhirnya saat itu daripada mengeluh .. saya cari2 di youtube dan kebetulan menemukan video Luisa Turnip dg link sbb : https://www.youtube.com/watch?v=HyWSuwNNXhE

Pada video itu dijelaskan 3 gerakan PANTANGAN utk HNP.. dan saya baru sadar bahwa itu adalah gerakan yg selama ini saya kira utk menyembuhkan malah utk memperparah .. Inti dr video tersebut adalah : penderita HNP pantang utk membungkuk… krn akan malah menjepit lebih kuat syaraf yg sudah kejepit… yang disarankan adalah gerakan sebaliknya ..

Ternyata banyak sekali gerakan dlm hidup kita yg tidak sadar selalu membungkuk, salah satunya saya tidak menggunakan bak mandi lagi melainkan menggunakan shower (krn posisi mengambil air dg gayung ternyata sangat membungkuk) , banyak gerakan2 lain yang membungkuk mohon dihindari teman2.. dan perbanyaklah gerakan sebaliknya..(sy ga tau istilahnya apa.. tp gerakannya memajukan perut dan badan seolah2 membentuk huruf C)

Alasan bentuk tubuh spt ini lah yg menurut saya bahwa gaya kodok malah sangat membantu kita.. krn saat kita kluar air utk nafas di gaya kodok.. tubuh akan cenderung melengkung spt huruf C.. dan saya selalu kombinasi antara gaya bebas dan kodok… (buat yg punya alasan kuat, mohon di koreksi jika emang tidak boleh gaya kodok)

Sejak merubah kebiasaan2 yg berbahaya bagi HNP, saat ini saya merasakan “penderitaan” saya bekurang sangat banyak… keluhan2 dan rasa kesemutan di pantat sudah sangat jauhhh menghilang (muncul lagi kalo duduk kelamaan sih)

Sampai hari ini semua keluhan2 derita HNP saya rasakan berangsur hilang.. dan saya sangat merasakan bahwa saya ini sudah mulai sembuh.. Semoga sharing ini dapat bermanfaat bagi teman2 seperjuangan disini…. juga mohon maafkan jika ada yg kurang berkenan..

Regards

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *