Tahukah Anda Bagaimana Modern Travelers merencanakan Travellingnya Zaman Sekarang ?

Kami sering menceritakan soal era exponensial kepada temen-temen kami yang tergabung dalam komunitas travelling modern, bahwa era tersebut nyata sudah berada di sini sekarang juga karena dunia sedang merespon Era Exponential ini, dan salah satu efek dan manfaat dari perkembangan teknologi di jaman ini adalah sudah terjadi pola dan cara wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata selama 3-5 tahun terakhir ini.

Kami yakin Anda juga sudah memanfaatkan perkembangan internet dalam penggunaan smartphone,  sebagai wisatawan yang mana semakin mudah untuk mencari informasi dan merencanakan liburan.

Kami mengambil data yang saya baca dari Kompasiana, dan saya kutip sbb: bahwa berdasarkan laporan TripBarometer Connected Traveler yang dirilis oleh TripAdvisor pada tahun 2015, menunjukan bahwa 42% dari wisatawan di seluruh dunia adalah connected traveler, yang menggunakan smartphone untuk merencanakan perjalanan mereka.

Survei yang dilakukan kepada lebih dari 44.000 responden dari seluruh dunia ini, menunjukan telah terjadi PENINGKATAN penggunaan smartphone dalam perjalanan liburan yang dilakukan oleh para wisatawan.

Peningkatan penggunaan smartphone oleh wisatawan modern dalam merencanakan dan ketika sedang dalam perjalanan merupakan kesempatan sekaligus tantangan besar bagi industri pariwisata.

Dalam industri perhotelan, hal ini memberi kesempatan besar bagi hotel untuk memasarkan hotel secara online di internet. Sekitar 50% dari wisatawan yang menggunakan smartphone ketika berlibur, menggunakan smartphone untuk mencari tempat menginap.

Sementara 12% dari wisatawan yang menggunakan smartphone ketika berlibur, menggunakan smartphone untuk memesan penginapan.

Hal ini memberikan tantangan dalam hal pemasaran hotel agar dapat menarik perhatian tamu yang menggunakan smartphone untuk mencari dan memesan hotel.

Wisatawan lebih memilih melakukan pemesanan kamar melalui aplikasi di smartphone karena tawaran harga yang lebih murah dan kecepatan proses pemesanan. Dari hasil survei diketahui bahwa 29% dari wisatawan, memilih menggunakan aplikasi smartphone untuk memesan hotel karena mereka mendapatkan harga yang lebih murah. 

Selain itu, 20% wisatawan memilih menggunakan aplikasi smartphone karena lebih cepat. Dari hasil survei tersebut menunjukan peluang untuk menawarkan promosi hotel melalui aplikasi smartphone.

Selain itu, dengan memberikan kemudahan bagi wisatawan untuk memesan kamar dengan smartphone mereka, tentunya akan memberi pengalaman berlibur yang lebih baik untuk mereka. Smartphone juga sangat berperan dalam berbagai kegiatan yang dilakukan wisatawan selama liburan.

Sebagian besar wisatawan menggunakan smartphone untuk mencari aktifitas liburan (64%), mencari restoran (72%) dan untuk mencari jalan (81%). Selain itu, 64% dari wisatawan menggunakan smartphone untuk membaca review di internet. Sementara itu, 46% wisatawan menggunakan smartphone untuk melakukan reservasi restoran. Hal ini menunjukkan bahwa smarphone memiliki peran yang krusial bagi wisatawan dalam fase perencanaan liburan hingga fase ketika mereka sedang berlibur.

Dari uraian data-data diatas, maka kembali kepada era exponential di awal, maka perusahaan yang bergerak dalam bidang Travelling dengan cara Modern akan menjadi leaders yang memimpin dalam bidang tersebut, apalagi yang di jalankan dalam bentuk network marketing.

Sumber disadur dari Kompasiana denga judul Asli : Statistik Penggunaan Smartphone di Kalangan Modern Travelers
Oleh : Tiffany Santoso
kompasiana.com/tiffanysantoso/statistik-penggunaan-smartphone-di-kalangan-modern-travelers_5822d4d791fdfd1219e7f47b

Let's Share to show Care

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *