wah dapet THR, ditabungin ke Saham aja.. begini caranya..

Selamat datang THR, tunjangan hari raya yang ditunggu-tunggu Asyikk !!

Yang paling ditunggu-tunggu saat bulan puasa itu apa aja hayoo ??  Yupe ada 2 yang paling ditunggu yaitu; Waktu Berbuka, dan THR.

THR ini tentu menyenangkan apalagi jelang lebaran. Akan tetapi, terkadang kita  menjadi kurang hati-hati dalam penggunaannya. Alih-alih dapat menggunakan “bonus” tersebut dengan cermat, uang THR kadang lenyap begitu saja bahkan sebelum hari raya tiba… Ahh.. tidakkkkk..

Nah, biar hal yang jelek tidak terjadi, maka kita musti bijak memanfaatkan uang THR. Bagaimana caranya? Simak dalam tips berikut.

1. Membuat Perencanaan

Perencanaan adalah sebuah keharusan. Sebuah perencanaan yang matang akan memudahkan segala  urusan. Dalam pembahasan ini, perencanaan yang dimaksudkan adalah perencanaan pengeluaran selama hari raya, Lakukan perhitungan dengan terperinci dan matang, jangan sampai uang yang kamu keluarkan lebih banyak dari THR yang kamu dapatkan.

2. Memprioritaskan Kewajiban

THR merupakan jawaban untuk menyelesaikan kewajiban, salah satunya adalah terhadap orang tua, jika kamu ingin memberikan THR juga kepada keluarga dan sanak saudara di kampung halaman.  Selain itu Jika kita mempunyai hutang, maka kesempatan ini salah satunya untuk melunasi kewajiban tersebut.

3. THR utk Menabung Saham

Jaman sekarang walau modal cuman 500 rb, bisa digunakan untuk Investasi. Daripada dipakai buat belanja, mending dibeliin saham aja.

Melakukan investasi di pasar saham memang terdengar asing bagi beberapa orang. Tidak sedikit orang juga yang menghindari bentuk investasi ini karena dianggap terlalu berisiko padahal tidak juga. Adanya pasar modal memungkinkan kamu untuk berinvestasi dengan modal sedikit. Bahkan dengan uang Rp 500 ribu saja kamu sudah bisa melakukannya. Jangan takut rugi, kalau kamu pemula atau gak mau ribet memantau harga saham, kamu bisa melakukannya dengan berinvestasi reksa dana. Nantinya akan ada pialang yang bertugas menginvestasikan uangmu, jadi kamu gak perlu repot.

Menabung Saham itu Apaan sih ??

Biasanya orang mah menabung duit di bank. Terus yang ini apa bedanya dengan menabung konvensional? Konsepnya sih sama dengan menabung konvensional. Hanya saja duit yang biasa kita tabungkan ke bank, dialihkan nantinya akan diinvestasikan dalam bentuk kepemilikan saham.

Nah karena masih sedikit dari kita yang mengerti dan terjun dalam pasar modal, berikut penjelasan sederhananya ;

Bagaimana caranya menabung saham?

Membuka tabungan saham bisa dilakukan layaknya menabung di bank, bahkan dapat dikatakan sama mudahnya.

Calon nasabah tinggal menghubungi / datang ke sekuritas yang jadi pilihan dan membuka rekening seperti biasa. Syarat membuka rekening investasi biasanya:

  • Membawa KTP
  • Membawa NPWP
  • Mengisi formulir aplikasi
  • Menyetor sejumlah dana

Gak perlu khawatir, saat ini sudah banyak perusahaan sekuritas yang tanggap dan sangat cepat membantu Anda. Jadi calon investor gak perlu repot untuk membuka rekening efek tersebut.

Main saham bukan lagi milik orang kaya lagi.

Sudah sejak Januari 2014 jumlah lot yang diperdagangkan di lantai bursa turun menjadi 100 lembar per lot, dari sebelumnya yang 500 lembar per lot. Ini jelas menguntungkan karena investor gak perlu merogoh kocek terlalu dalam demi investasi saham. Misalnya saja kamu tertarik membeli satu lot saham PT Telkom seharga Rp 2000 per lembar. Jika satu lot adalah 100 lembar, kita cukup menyisihkan dana sebesar Rp 300.000 per bulan untuk investasi.

Investasi saham bisa dilakukan semua kalangan kok, mau mahasiswa atau pekerja freelance semua bisa

Seberapa menguntungkan menabung saham?

Investasi saham sejatinya adalah investasi jangka panjang antara 5 – 10 tahun. Dengan jangka waktu yang tergolong lama, kamu gak perlu khawatir soal harga saham harian. Yang jelas, gak perlu panik saat saham turun. Direktur Utama BEI, Tito Sulistio mengatakan dalam 10 tahun terakhir, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tumbuh 24%. Coba bandingkan dengan bunga deposito yang ada di kisaran 7,2%-an.

Misalnya saja seperti BBRI yang tumbuh profit 37% dalam setahun, itu adalah hasil dari nabung saham Bank-BRI untuk 12 bulan terakhir ini.
Berapa bunga Deposito bank mu?

Sudah banyak orang yg mulai beralih dari deposito ke nabung saham.

Siapa yg mau diajari Cara Nabung Saham? Dan mengetahui saham2 mana lagi yg bagus-bagus..

Nah kebetulan IlmuKepala sedang mensubsidi workshop komplit untuk belajar saham bagi pemula, Bagi yg mau, silakan klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *